Arsip untuk Juni 2007




teruntuk bunda tercinta…

Kau adalah gemerlap bintang di langit malam

Bukan!, kau lebih dari itu

Kau adalah pendar rembulan di angkasa sana,

Bukan!, kau lebih dari itu,

Kau adalah benderang matahari di tiap waktu,

Bukan!, kau lebih dari itu

Kau adalah Sinopsis semesta

Itu saja.
Kasih ibu itu seperti lingkaran. Tak berawal dan tak berakhir

Kasih ibu itu senantiasa berputar, dan terus meluas

damainya melingkupi seperti kabut pagi

menghangatkan seperti matahari siang

dan menyelimuti seperti bintang-bintang malam.

Ingin ku dekap… dan menangis di pangkuanmu

Sampai aku tertidur bagai masa kecil dulu

Lalu doa-doa, lalu di sekujur tubuhku

Dengan apa membalas…..
Ibumu adalah

Ibunda darah dagingmu

Tundukkan mukamu

Bungkukkan badanmu

Raih punggung tangan beliau

Ciumlah dalam-dalam

Hiruplah wewangian cintanya

Dan rasukkan ke dalam kalbumu

Kalau ibunda membelai rambutmu

Kalau ibunda mengusap keningmu, memijiti kakimu

Nikmatilah dengan syukur dan bathin yang bersujud

Karena sesungguhnya Allah sendiri yang hadir dan maujud

Kalau dari tempat yang jauh engkau kangen kepada ibunda

Dendangkanlah nyanyian puji-puji tuk Tuhanmu Karena setiap bunyi

Kerinduan hatimu adalah

Sebaris lagu cinta Allah kepada segala ciptaanNya

Ya Ilahi, diri ini tak pernah akan sanggup membalas cinta dan kasih sayangnya. Sejuta maaf tak kan bisa menebus dosa hamba padanya… Hanya cinta dan kasih sayang-Mu yang sepadan sebagai balasan cinta dan kasih sayangnya…

Add a comment Juni 29, 2007

kasih ibu

Kasih anak sepanjang jalan, kasih ibu sepanjang hayat . Apapun yang sudah kita buat belum apa-apa dibandingkan dengan kasih sayang ibu yang telah diberikan pada kita.Ya Alloh , curahkan kasih sayang-Mu pada kedua orang tuaku, teramat khusus untuk ibu. Allahummaghfirlanaa wali-waalidainaa warhamhumaa kamaa rabbayanii shaghiiraa. Amiin

Untuk Ibunda tercinta, I always love you.

Add a comment Juni 29, 2007

keistimewaan jiLbab atau hijab

Busana merupakan topik bahasan penting dan menarik Busana bagi seorang muslimah yang merupakan cerminan kepribadian, status dalam strata sosial,kebutuhan estetika, selera dan segudang kebutuhan lainnya yang sifatnya manusiawi. Karena baginya warna, bentuk, jenis , model busana, ngetrennya mode, dan kesesuaian busana dengan iklim tempat adalah mempunyai nilai kepuasan tersendiri dan dunia tersendiri.

Maka tidak aneh lagi, kita akan menemukan banyak wanita berkerudung di kantor-kantor, di TV, media cetak , bandara, bursa efek, pertunjukan teater dan tempat lainnya .Mereka menggunakan busana dengan bentuk dan jenis busana muslimah yang beragam sesuai dengan kondisi tepat dan sosial mereka berada.

Ya, memang benar, busana muslimah kini sudah go public. Bahkan busana ini sudah dipakai oleh para selebritis. Maka dengan keadaan ini munculah model model busana muslimah yang dilabeli nama selebritis pemakaiannya. Sungguh, menyenangkan takala jilbab ini tidak lagi asing di masyarakat kita bahkan menjadi busana trendi. Namun apakah perkembangan busana muslimah ini tidak meninggalkan esensi dari Jilbab itu sendiri?Bagi seorang muslimah,Busana muslimah cerminan kepribadian muslimah, yang akan menampakan keindahan sifat sifat dari wanita Islam dan senantiasa istiqomah di dalam kehormatan diri dan kehormatan agamanya. Jilbab mempunyai nilai arti yang besar bagi seorang muslimah .Jilbab merupakan suatu simbol dan bukti keimanan dan ketaatan kepada Allah SWT. Jilbab tidak hanya mempunyai dimensi benda benda saja, namun mempunyai dimensi gerak, yakni sebagai proses melaksanakan perintah perintah Allah SWT. Selain itu Jilbab mempunyai nilai fungsi dalam kehidupan seorang wanita, yaitu

Ø Melindungi muslimah dari fitnah. Sudah menjadi kenyataan bahwa daya tarik perempuan bagi laki laki merupakan tipu daya tak bisa dianggap enteng. Seperti tragedi antara Nabi Yusuf dan Zulaikha.Wanita memang menarik , tapi bukan berarti ia hidup untuk menarik perhatian lawan jenis.Tetapi wanita muslim hidup hanya untuk Allah SWT yakni Tuhannya, dengan cara menjalankan keinginan Tuhannya, yang membuat dirinya jauh dari fitnah . Allah memerintah muslimah untuk menutup auratnya ( Jilbab ), demi kebaikan hidup muslimah sendiri. Agar tidak diganggu oleh laki-laki yang bernafsu liar. Jilbab ini dapat meredam daya tarik tubuh luar biasa , sehingga seorang muslimah akan jauh dari godaan laki-laki pengumbar hawa nafsu. Hendaklah mengulurkan jilbabnya keseluruh tubuhnya ,. karena itu mereka tidak akan diganggu. ( Qs Al-Ahzab ayat 59)

Ø Mengangkat derajat dirinya di mata Allah . Dengan berjilbab, seorang muslimah akan senantiasa meluruskan niat dan menjaga prilaku agar dalam koridor penghambaan diri kepada Allah, bukan kepada mahluk-Nya. Berjilbab baginya adalah ibadah, apabila ibadahnya ingin diterima oleh Allah , maka ia akan berusaha berjilbal yang sesuai dengan ketentuan ketentuan Allah semata.

Ø Menjadi kontributor dalam menciptkan lingkungan sehat. Dengan berjilbab, ada suatu keinginan untuk memperbaiki diri terus- menerus ,dan menggali AL-Islam lebih mendalam. Sikap ini akan membangun keinginan dirinya untuk menjadi suri tauladan bagi lingkungan yang tidak Islami.

Ø Sebagai perisai dari perbuatan tercela. Jilbab akan mempunyai nilai kemulyaan Islam, gambaran keindahan diri muslimah , dan akan menjadi benteng kekuatan dari perbuatan tercela dan tipu daya syetan. apabila niat memakainya adalah hanya untuk Allah, dan karena Allah semata, serta tujuan hanya untuk melaksankan perintah Allah semata. Apabila ada bisikan syetan yang mengajak untuk melanggar aturan Allah, maka akan teringatlah dengar jilbabnya, bahwa sesungguhnya Jilbab ini adalah identitas kemuliaan Islam ,bukti ketaatan dirinya pada Allah, dan merasa malu melanggar janji dirinya pada Allah. Ia akan selalu mengingat bahwa hidup untuk beribadah kepada Allah dengan selalu berusaha perintah-Nya. Ia akan selalu mengingat pada perkataan Rabbnya kepada dirinya :.. dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dalam dadanya, dan janganlah menampakan perhiasanya. ( An-Nissa :31)

Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu supaya mereka mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang . ( Al-Ahzab : 59)
Jadi,Nilai dan Fungsi jilbab seorang muslimah akan menentukan bagaimana dia berpenampilan dan berprilaku di kehidupannya. Apabila seorang muslimah berjilbab benar dalam bernilai dan berfungsi Islam , maka akan nampak kemulyaan yang terkandung di dalam kehidupannya. Amien.

Resep sederhana untuk mengangkat derajat wanita :

1. Memakai busana muslimah yang menutupi seluruh badan selain wajah dan kedua telapak tangan.
2. Bentuk baju yang tidak ketat dan tidak membentuk tubuh.
3. Baju yang dipakai tidak tipis temaran sehingga warna kulit masih bisa dilihat.
4. Jenis baju yang digunakan tidak menyerupai laki laki atau wanita non muslim.
5. Warna baju tidak membuat menyolok sehingga tidak mengundang perhatian orang.
6. Dipakai busana tersebut tidak maksud untuk pamer tapi Ikhlas karena Allah (ANS)

Add a comment Juni 29, 2007

Hidup Asi Eksklusif

Tanyakan soal ASI pada dr Utami Roesli, SpA. Dengan gamblang, dia akan membeberkan berbagai fakta tentang makanan utama bayi itu. Di usia 6 bulan pertama seorang bayi, dia berhak menerima ASI dari ibunya. Atau lebih kerap disebut ASI eksklusif. `’Mungkin lebih tepat dikatakan menyusui eksklusif,” ujar dia mengoreksi. `’Jadi, bukan ASI-nya yang eksklusif, tapi cara menyusuinya. Bayi hanya diberikan air susu tanpa makanan tambahan lain. Dianjurkan sampai enam bulan dan disusui sedini mungkin.”

Paparan dokter anak Rumah Sakit St Carolus Jakarta ini tentang ASI bakal membuat kita membatin,”Betapa hebatnya ASI.” Bayangkan, saat isapan awal, komposisinya lebih seperti air. Akan tetapi, ketika tiba di tahap akhir, ASI pun berubah menjadi seperti nasi. Dari awal sampai akhir menyusui, komposisinya tidak sama. Setiap hari komposisi ASI terus berubah. Hari ini tidak sama komposisinya dengan besok. Itu disesuaikan dengan kebutuhan bayi.

Tidak hanya itu. Dengan ASI, anak tidak saja menjadi lebih pandai dan lebih sehat, tapi juga kemampuan spiritualnya lebih bagus. Anak-anak yang diberi ASI akan merasakan ini: 20 kali lebih jarang mencret, tujuh kali lebih jarang mengidap radang paru-paru, empat kali lebih jarang radang otak, bahkan kemungkinan untuk kanker getah bening menurun 6-8 kali. Belum lagi dengan alergi atau infeksi telinga. `’IQ, jelas. Tapi, EQ dan SQ juga lebih bagus. Mungkin saya dapat katakan, ASI eksklusif adalah langkah awal membuat bayi sehat, cerdas, saleh dan salehah.”

Namun, tak jarang hatinya terenyuh. `’Saya sangat sedih,” gumamnya. Inilah perasaan yang muncul tiap kali ada ibu datang ke tempat praktiknya dan membawa bayi yang menderita mencret atau radang paru-paru karena tidak diberi ASI (air susu ibu). Apalagi bila orang tua si bayi berasal dari keluarga kurang mampu. Padahal, katanya, memberi ASI justru lebih murah ketimbang membeli susu formula.

Penulis buku Pedoman Pijat Bayi ini menunjuk hasil penelitian dari AS yang membedakan antara merawat anak dengan ASI dan dengan susu formula. Perbedaan biaya yang dikeluarkan selama setahun sekitar Rp 100 juta. Biaya itu untuk membeli susu formula, biaya ke dokter, dan perawatan. ”Mulai dari kecil, si anak sakit-sakitan. Biasanya, anak susu formula 16 kali lebih sering dirawat dibandingkan (anak yang diberi) ASI. Apalagi sekarang perawatan tidak murah. Daripada begitu, kan, mendingan ditabung.”

Bayi yang baru lahir menarik minat dokter spesialis anak yang meraih gelarnya pada 1980 tersebut. Ini juga yang menjadi awal ‘perkenalannya’ dengan dunia ASI. Setelah ikut berbagai kursus dan membaca beragam buku, dia makin memahami pentingnya ASI bagi bayi. `’Makin lama makin membuka mata saya betapa hebat sebenarnya Tuhan mempersiapkan buat kita,” katanya. `’Banyak sekali hal-hal yang saya lihat kebesaran Tuhan melalui pelajaran ASI.”

Penelitian terakhir menyatakan, dari 1.000 ibu yang menyatakan ASI-nya kurang, hanya seorang yang betul-betul bermasalah. Itu pun karena kurang mengerti tentang ASI. `’Banyak sekali tindakan kita yang karena belum sampai informasinya hingga mengganggu kemampuan bayi untuk menyusui.” Menyusui juga bukan semata proses ibu dan bayi saja. Sang ayah pun terlibat. Dia bilang, `’Ada 14 penelitian ilmiah menunjukkan, peran ayah tidak sedikit. Makanya kalau di luar negeri, selain cuti ibu melahirkan ada cuti ayah melahirkan,” ujarnya. Kata dia, ada satu hormon dalam ASI yang sangat tergantung psikis ibunya. Kalau ibunya merasa kurang nyaman, hormon itu rendah. Akibatnya, ASI tidak bisa diproduksi dengan cukup. Begitu sensitifnya hormon ini, kalau ibunya kesal, marah, sedih, hormonnya drop. Nah, peran ayah membuat supaya ibu tidak berpikiran kurang bagus.”

Beberapa tahun belakangan, kakak kandung musikus almarhum Harry Rusli ini aktif mengampanyekan perlunya pemberian ASI bagi bayi. Utami pun mendirikan Sentra Laktasi Indonesia, sebuah LSM ASI. Jika akhirnya alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Bandung, 1972 ini gencar mengampanyekan ASI eksklusif, ini lantaran banyak penelitian ilmiah menunjukkan, memberikan ASI eksklusif pada bayi merupakan investasi dunia dan akhirat.

Sekali waktu, Utami berceramah di Surabaya. Seorang pembicara lain mengaitkan ASI dalam ajaran Islam. Saat itulah dia beroleh tambahan pengetahuan mengenai ASI dalam Alquran. Ternyata, tidak hanya tiga ayat seperti yang ia ketahui selama ini tapi ada delapan ayat yang langsung membahas soal ASI dan sekitar 40 surat-surat yang tidak langsung. Ini mendorongnya untuk terus berbagi ilmu sehingga makin banyak orang tahu pentingnya ASI eksklusif. Utami bersyukur memperoleh kesempatan mempelajari pentingnya ASI bagi bayi. `’Terus terang, saya merasa diberi kesempatan Tuhan untuk belajar ASI lebih dulu. Ini mungkin ladang amal buat saya,” ucapnya. Di matanya, Tuhan memberi begitu banyak kemudahan untuk manusia lewat ASI. ”Subhanallah.”

Sumber: http://www.republika.co.id/

Add a comment Juni 29, 2007

Keunggulan ASI dan Manfaat Menyusui

Keunggulan dan manfaat menyusui dapat dilihat dari beberapa aspek yaitu: aspek gizi, aspek imunologik, aspek psikologi, aspek kecerdasan, neurologis, ekonomis dan aspek penundaan kehamilan.

1.Aspek Gizi

Manfaat Kolostrum

Kolostrum mengandung zat kekebalan terutama IgA untuk melindungi bayi dari berbagai penyakit infeksi terutama diare.
Jumlah kolostrum yang diproduksi bervariasi tergantung dari hisapan bayi pada hari-hari pertama kelahiran. Walaupun sedikit namun cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi. Oleh karena itu kolostrum harus diberikan pada bayi.
Kolostrum mengandung protein,vitamin A yang tinggi dan mengandung karbohidrat dan lemak rendah, sehingga sesuai dengan kebutuhan gizi bayi pada hari-hari pertama kelahiran.
Membantu mengeluarkan mekonium yaitu kotoran bayi yang pertama berwarna hitam kehijauan.

Komposisi ASI

ASI mudah dicerna, karena selain mengandung zat gizi yang sesuai, juga mengandung enzim-enzim untuk mencernakan zat-zat gizi yang terdapat dalam ASI tersebut.
ASI mengandung zat-zat gizi berkualitas tinggi yang berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan kecerdasan bayi/anak.
Selain mengandung protein yang tinggi, ASI memiliki perbandingan antara Whei dan Casein yang sesuai untuk bayi. Rasio Whei dengan Casein merupakan salah satu keunggulan ASI dibandingkan dengan susu sapi. ASI mengandung whey lebih banyak yaitu 65:35. Komposisi ini menyebabkan protein ASI lebih mudah diserap. Sedangkan pada susu sapi mempunyai perbandingan Whey :Casein adalah 20 : 80, sehingga tidak mudah diserap.

Komposisi Taurin, DHA dan AA pada ASI

Taurin adalah sejenis asam amino kedua yang terbanyak dalam ASI yang berfungsi sebagai neuro-transmitter dan berperan penting untuk proses maturasi sel otak. Percobaan pada binatang menunjukkan bahwa defisiensi taurin akan berakibat terjadinya gangguan pada retina mata.
Decosahexanoic Acid (DHA) dan Arachidonic Acid (AA) adalah asam lemak tak jenuh rantai panjang (polyunsaturated fatty acids) yang diperlukan untuk pembentukan sel-sel otak yang optimal. Jumlah DHA dan AA dalam ASI sangat mencukupi untuk menjamin pertumbuhan dan kecerdasan anak. Disamping itu DHA dan AA dalam tubuh dapat dibentuk/disintesa dari substansi pembentuknya (precursor) yaitu masing-masing dari Omega 3 (asam linolenat) dan Omega 6 (asam linoleat).

2. Aspek Imunologik

ASI mengandung zat anti infeksi, bersih dan bebas kontaminasi.
Immunoglobulin A (Ig.A) dalam kolostrum atau ASI kadarnya cukup tinggi. Sekretori Ig.A tidak diserap tetapi dapat melumpuhkan bakteri patogen E. coli dan berbagai virus pada saluran pencernaan.
Laktoferin yaitu sejenis protein yang merupakan komponen zat kekebalan yang mengikat zat besi di saluran pencernaan.
Lysosim, enzym yang melindungi bayi terhadap bakteri (E. coli dan salmonella) dan virus. Jumlah lysosim dalam ASI 300 kali lebih banyak daripada susu sapi.
Sel darah putih pada ASI pada 2 minggu pertama lebih dari 4000 sel per mil. Terdiri dari 3 macam yaitu: Brochus-Asociated Lympocyte Tissue (BALT) antibodi pernafasan, Gut Asociated Lympocyte Tissue (GALT) antibodi saluran pernafasan, dan Mammary Asociated Lympocyte Tissue (MALT) antibodi jaringan payudara ibu.
Faktor bifidus, sejenis karbohidrat yang mengandung nitrogen, menunjang pertumbuhan bakteri lactobacillus bifidus. Bakteri ini menjaga keasaman flora usus bayi dan berguna untuk menghambat pertumbuhan bakteri yang merugikan.

3. Aspek Psikologik

Rasa percaya diri ibu untuk menyusui : bahwa ibu mampu menyusui dengan produksi ASI yang mencukupi untuk bayi. Menyusui dipengaruhi oleh emosi ibu dan kasih saying terhadap bayi akan meningkatkan produksi hormon terutama oksitosin yang pada akhirnya akan meningkatkan produksi ASI.
Interaksi Ibu dan Bayi: Pertumbuhan dan perkembangan psikologik bayi tergantung pada kesatuan ibu-bayi tersebut.
Pengaruh kontak langsung ibu-bayi : ikatan kasih sayang ibu-bayi terjadi karena berbagai rangsangan seperti sentuhan kulit (skin to skin contact). Bayi akan merasa aman dan puas karena bayi merasakan kehangatan tubuh ibu dan mendengar denyut jantung ibu yang sudah dikenal sejak bayi masih dalam rahim.

4. Aspek Kecerdasan

Interaksi ibu-bayi dan kandungan nilai gizi ASI sangat dibutuhkan untuk perkembangan system syaraf otak yang dapat meningkatkan kecerdasan bayi.
Penelitian menunjukkan bahwa IQ pada bayi yang diberi ASI memiliki IQ point 4.3 point lebih tinggi pada usia 18 bulan, 4-6 point lebih tinggi pada usia 3 tahun, dan 8.3 point lebih tinggi pada usia 8.5 tahun, dibandingkan dengan bayi yang tidak diberi ASI.

5. Aspek Neurologis

Dengan menghisap payudara, koordinasi syaraf menelan, menghisap dan bernafas yang terjadi pada bayi baru lahir dapat lebih sempurna.

6. Aspek Ekonomis

Dengan menyusui secara eksklusif, ibu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk makanan bayi sampai bayi berumur 4 bulan. Dengan demikian akan menghemat pengeluaran rumah tangga untuk membeli susu formula dan peralatannya.

7. Aspek Penundaan Kehamilan

Dengan menyusui secara eksklusif dapat menunda haid dan kehamilan, sehingga dapat digunakan sebagai alat kontrasepsi alamiah yang secara umum dikenal sebagai Metode Amenorea Laktasi (MAL).

Sumber: Buku Panduan Manajemen Laktasi: Dit.Gizi Masyarakat-Depkes RI,2001

Add a comment Juni 29, 2007

Kolostrum

Beberapa saat sesudah melahirkan biasanya seorang ibu akan mengeluarkan air susu dari payudaranya (ASI). Namun, pada beberapa kasus ada ibu-ibu yang mengeluarkan ASI sejak hamil. ASI pertama itu biasa disebut kolostrum atau jolong, yang bisa dihasilkan sejak beberapa hari sebelum melahirkan hingga 4-5 hari setelah melahirkan. Sekitar 10 hari setelah melahirkan sang ibu akan mengeluarkan ASI biasa.

Beberapa saat sesudah melahirkan biasanya seorang ibu akan mengeluarkan air susu dari payudaranya (ASI). Namun, pada beberapa kasus ada ibu-ibu yang mengeluarkan ASI sejak hamil. ASI pertama itu biasa disebut kolostrum atau jolong, yang bisa dihasilkan sejak beberapa hari sebelum melahirkan hingga 4-5 hari setelah melahirkan. Sekitar 10 hari setelah melahirkan sang ibu akan mengeluarkan ASI biasa.

Dulu ASI yang pertama ke luar itu sering dibuang karena dianggap tak baik untuk bayi. Padahal justru ASI pertama itulah yang paling bermanfaat bagi sang bayi. Kolostrum sangat kaya kandungan protein dan mineral. Di dalamnya juga mengandung sedikit lemak dan gula. Dalam ASI awal ini tak terdapat kandungan kasein, yaitu protein yang umum terdapat dalam susu normal.

Warna jolong lebih kuning daripada warna ASI biasa, dan kandungan kalorinya pun lebih rendah. Tingginya kadar protein pada kolostrum disebabkan oleh banyaknya globulin (protein sederhana), yang menyerupai gama-globulin dalam plasma darah.

ASI kolostrum memberikan kekebalan kepada bayi terhadap sejumlah penyakit infeksi. Kolostrum juga memberikan rangsangan untuk pembentukan kekebalan tubuh. Karena itu, ASI harus langsung diberikan kepada bayi sesegera mungkin setelah bayi dilahirkan.

Sumber: Republika, 23 November 2004

Add a comment Juni 29, 2007

cinta

Apa sih artinya cinta??Cinta itu adalah fitrah bagi setiap manusia..tapi kenapa banyak orang yang salah menafsirkan makna dari cinta. kadang sulit membedakan cinta buta dan cinta sejati. Cinta yang hakiki hanya milik Allah SWT. Banyak pemuda yang terjerumus dengan cinta palsu. mereka terserang virus VMJ,atau yang sering disebut dengan Virus Merah Jambu. hati mereka bergejolak seperti ingin meletus layaknya gunung merapi.. jadi apa makna cinta yang sesungguhnya???

Add a comment Juni 28, 2007

Hello world!

Welcome to WordPress.com. This is your first post. Edit or delete it and start blogging!

1 komentar Juni 26, 2007

Laman

Kategori

Tautan

Meta

Kalender

Juni 2007
S S R K J S M
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Posts by Month

Posts by Category